-->

Manfaat kismis bagi kesehatan

Apakah kismis itu?
Definisi kismis
Kismis merupakan bagian dari buah yang berasal dari olahan buah anggur. Olahan ini menghasilkan jenis makanan yang mengandung banyak manfaat dan khasiat untuk tubuh. Kismis dibuat dengan mengeringkan buah anggur sehingga bentuknya lebih gepeng serta keriput. Rasanya bisa bermacam-macam tergangtung jenis buah anggur yang digunakan. Bentuk yang tidak menarik tersebut bukan berarti khasiat buah ini tidak ada sama sekali untuk Anda.
Manfaat kismis secara umum yang pertama yaitu sebagai bahan makanan pelengkap. Biasanya sering digunakan untuk hiasan kue dan makanan lainnya. Jika Anda menggunakan jenis buah anggur yang asam, maka Anda tidak perlu khawatir. Olahan kismis yang disimpan dalam waktu yang cukup lama akan membuatnya terasa lebih manis. Hal ini disebabkan oleh proses mengkristalnya gula dalam buah anggurnya. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak manfaat dan khasiat kismis berikut ini.
Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat kismis, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya:

1. Makanan asupan energy untuk tubuh
Khasiat kismis yang pertama yaitu sebagai sumber makanan yang baik untuk memberikan tubuh berupa asupan energy yang cukup. Mengapa? Karena olahan buah anggur yang satu ini memiliki cukup kandungan karbohidrat yang mampu menjadi kandungan penambah stamina tubuh.

2. Mencegah penyakit kanker
Manfaat kismis yang selanjutnya yaitu mencegah penyakit kanker menjangkit tubuh Anda. Siapa sangka jika makanan yang satu ini punya kandungan alami untuk tubuh yang bisa menyehatkan sel dalam tubuh dan mengembalikan sel yang rusak.

3. Mengobati susah BAB
Khasiat kismis yang tidak kalah pentingnya yaitu sebagai obat untuk mengatasi BAB. Buang air besar yang sulit biasanya disebabkan karena pencernaan yang tidak lancar. Dengan mengonsumsi makanan yang satu ini, Anda akan terbebas dari kesulitan BAB.

4. Mencegah penyakit anemia
Manfaat kismis untuk tubuh yang berikut ini berkaitan dengan penyakit anemia. Anemia disebabkan oleh kurangnya sel darah merah pada tubuh Anda. Untuk mencegahnya, Anda bisa memakan jenis makanan dari anggur ini untuk menambah sel darah merah di dalam tubuh.

5. Melancarkan peredaran darah
Khasiat kismis selain menambah sel darah merah juga mampu menjadi sumber makanan untuk melancarkan peredaran darah. Makanan bergizi yang satu ini akan mencegah penyakit berbahaya pada darah seperti penyumbatan pembuluh darah.

6. Anti oksidan
Manfaat kismis sebagai anti oksidan didukung oleh kandungan vitaminnya yang berasal dari buah anggur. Vitamin C dan E ada pada olahan makanan ini. Dua vitamin tersebut adalah jenis vitamin yang baik untuk menangkal radikal bebas.

7. Menjaga kesehatan tulang
Khasiat buah yang bisa Anda dapatkan dari kismis yang selanjutnya yaitu berupa tulang yang sehat. Siapa sangka jika makanan yang bentuknya kecil dan tidak menarik ini punya khasiat untuk menyehakan tulang dan menguatkannya.

8. Membunuh bakteri yang ada pada gigi serta mulut
Kismis juga bermanfaat untuk membunuh bakteri pada mulut, dengan begitu juga dapat menjaga kesehatan gigi serta gusi. Bakteri pada mulut biasanya akan membuat rongga mulit Anda lebih mudah terkena infeksi, seperti sariawan dan sulit untuk disembuhkan.

9. Menyehatkan mata
Kismis juga baik untuk Anda jadikan sumber makanan yang mampu menyehatkan organ penglihatan, yaitu mata. Mata Anda juga akan terhindar dari beberapa penyakit mata. Selain sehat, mata Anda juga akan lebih tajam.

10. Menjaga asam lambung
Kismis akan sedikit terasa kecut tergantung bagaimana cara mengolahnya. Rasa yang kecut pada makanan yang satu ini tidak akan berbahaya bagi lambung Anda. Makanan ini justru akan menjaga tingkat asam lambung sehingga tidak memicu penyakit maag.

Selain 10 manfaat dan khasiat kismis untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

5 Manfaat dan Khasiat Kismis Lainnya:
Menyehatkan pencernaan
Menjaga daya tahan tubuh
Anti inflamasi
Menyehatkan jantung
Anti bakteri

Itulah 15 manfaat dan khasiat kismis untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat buah yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. Selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat kismis bagi kesehatan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel