-->

Soto tahu Kuliner khas petanahan kebumen

Soto Tahu



kuliner khas petanahan kebumen
soto tahu kuliner khas petanahan


Makanan khas yang satu ini sekarang sudah sangat jarang dijumpai, bahkan makanan ini hanya tenar di Kecamatan Petanahan . Jika dilihat dari namanya mungkin terlihat biasa saja. Namun begitu anda mencobanya anda akan merasa ketagihan. Soto ini terbuat dari;

tahu, engkol( kol/kubis), toge dan tahu kebumen yang khas.
Kemudian bahan-bahan tersebut disiram kuah sambel kacang panas. Rasanya yang segar dan pekat sangat cocok dinikamati saat siang hari. Makanan ini tidaklah disajikan direstoran mewah namun di pedagang kaki lima atau Penduduk Kecamatan petanahan menyebutnya Bango. Bango yang dimaksud adalah semacam rumah berjualan terbuat dari bambu dan sederhana.

Selain soto tahu kuliner khas petanahan yang lainnya seperti:

Jenang Sabun
Makanan khas ini banyak di jumpai di sejumlah daerah di Kecamatan Petanahan . Rasanya manis dan khas, namun kini sudah mulai jarang. Bahan baku makanan ini ialah ketela pohon dan legen”. Legen atau nira adalah air hasil sadapan manggar pohon kelapa, yang merupakan bahan pembuat gula kelapa. Rasa Jenang Sabun ini khas, manis dan “buket” (Jawa). Saya sulit menjelaskan arti kata buket ini dalam bahasa Indonesia. Kalau masih baru, makanan ini liat dan sedikit kenyal, tetapi jika sudah agak lama, akan sedikit kaku. Awetnya jenang sabun karena kandungan gula jawa di dalamnya. Pembuat jenang sabun ini bisa dijumpai di Desa Munggu di Kecamatan petanahan atau sekitar 1 km arah selatan Pasar petanahan. Makanan ini masih dijual di dalam Pasar Petanahan. Jenang Sabun ini bisa tahan selama satu minggu dan jika ditaruh di dalam kulkas, bisa tahan berbulan-bulan.

Makanan khas lainnya yang ada di berbagai wilayah di Kabupaten Kebumen diantaranya:

1. Obang-Abing
2. Serabi Kebumen
3. Tahu Kemitir
4. Golak
5. Empog- Empog
6. Kethek
7. Lenthis
8. Thepleng Peyet

Sumber : lintaskebumen

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soto tahu Kuliner khas petanahan kebumen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel